Jakarta Terancam Pemanasan Global

Maret 30, 2007

waduh… Jakarta masuk daftar kota yang terancam pemanasan global nih..
barusan baca beritanya di tempo interaktif.com .
gw copy artikelnya biar bisa dibaca rame-rame. -FS-

——————————————————–

Jakarta Terancam Pemanasan Global
Rabu, 28 Maret 2007 | 09:18 WIB
TEMPO, LONDON

Lebih dari dua per tiga kota-kota besar di dunia akan terkena dampak pemanasan global. Salah satunya adalah Jakarta. Inilah hasil penelitian yang dipublikasikan di jurnal Environment and Urbanization hari ini.

Jakarta adalah satu dari 180 kota di dunia yang 70 persen wilayahnya berada di kawasan pantai berelevasi rendah yang terancam oleh naiknya permukaan laut akibat pemanasan global itu. Kota lainnya antara lain Tokyo, New York, Mumbai di India, Shanghai, dan Dhaka.

Penelitian itu memang tak menyebutkan kapan permukaan laut akan naik atau membanjiri kota-kota pantai tersebut. Namun disebutkan bahwa solusi untuk memecahkan persoalan itu amatlah mahal karena harus merelokasi banyak orang dan menciptakan struktur bangunan yang bisa melindungi diri dari bencana.

“Migrasi dari zona yang berbahaya itu sangat diperlukan namun menyita biaya dan sulit dilakukan, jadi permukiman di kawasan pantai sebaiknya dimodifikasi untuk melindungi penduduknya,” kata Gordon McGranahan dari International Institut Lingkungan dan Pembangunan Internasional di London. Dia adalah penulis hasil penelitian tersebut.

Sebelumnya Panel Antarpemerintahan untuk Perubahan Iklim telah menyebutkan bahwa kawasan pantai akan terkena dampak paling buruk dari pemanasan global. Laporan mereka menyebutkan pada 2080 lebih dari 100 juta manusia akan terkena bencana banjir tiap tahun.

Bahkan pada 2090 mereka meramalkan terjadinya air bah raksasa di Amerika Utara. “Bisa berulang tiga sampai empat tahun sekali,” demikian laporan itu.

Pada Februari Panel itu telah memperingatkan bahwa permukaan air laut meningkat tujuh -23 inci di akhir abad yang lalu dan mengancam kawasan pantai dan menimbulkan badai dan angin topan. Asia adalah kawasan paling berbahaya. Lima negara yang terancam adalah Cina, India, Bangladesh, Vietnam, dan Indonesia.

AP | AFP | DEDDY SINAGA

——————————————————–

Perlu diingat.. bahwa semua kemungkinan ini bisa terjadi adalah karena ulah manusia. ekspoitasi alam untuk kebutuhan industri telah memberikan dampak yang luar biasa negatif bagi keselamatan bumi ini. jadi wahai kawan sekalian, marilah kita lebih menjaga bumi tempat kita berpijak ini.. tidakkah kita mendengar tangisan ibu pertiwi.. tanah, air, dan udara yang kita nikmati sehari-hari dirusak dan dikotori oleh ulah tangan manusia. tidakkah kita merasa bahwa alam sudah murka terhadap kita? ingatlah kawan, setinggi-tingginya kita, tetaplah kita hanyalah seorang manusia. kita hanyalah makhluk yang sangat kecil dibandingkan alam semesta yang luas ini. Dari kecil gue diajarin bahwa Tuhan menjadikan alam ini lebih dahulu daripada manusia. Kalo dari silsilah, manusia adalah anak paling bontot yang dihidupin sama Tuhan, bahkan hewan-hewan aja dihidupin duluan. Kiranya kita sebagai anak bontot lebih banyak menghormati dan menyayangi yang lebih tua.
mungkin bumi ini sudah tidak mungkin dikembalikan seperti semula, dengan mengetahui fakta ini gw cuman bisa berharap semoga manusia cepat mengerti dan memahami jeritan alam ini.
Pesan yang pengen gw sampaikan… marilah kita jaga kelestarian alam kita ini, sayangi semua makhluk yang hidup dan bernyawa… gw mungkin ga punya kapasitas yang besar untuk menyampaikan hal ini kepada semua manusia… gw bukan presiden, bukan penguasa, mentri lingkungan hidup,.. tapi gw pengen.. karena gw hanya manusia…,berita inipun menjadi tamparan buat gw sendiri…
STOP WAR…PEACE FOR THE EARTH -FS-

4 Responses to “Jakarta Terancam Pemanasan Global”

  1. diggory Says:

    pemanasan global tucH jHat banged,,perlu dibasmi…
    jangan teruz-teruzan nebangin pohin deyh……stop global warming!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  2. dizya Says:

    YacH,,,J2r Za Gw prihAtin Bgt Ma gLobAl WarmIng Neh,,AlX Nie DinAmakAn Yg NmaX KIAMAT DUNIA BERKEPANJANGAN,,,Zo,,Gw Mw2 Ank2 Indo Or In Da WorldlH,,,HmAtlh LiztRik,Aier,Ma PenghiJAuan TuCh SebyK2X,,,SpeCiallY For ANk2 PecIntA LingkuNgan,,,Luw2 ZmuA pDa Kga’ Mw Kn TgAl Die AtZ Aier Tow Tnah Pnaz N TnduZ,,,Zo,,,BrantAz YapZ Yg NamAX GloBal WarmIng Tuwh,,,AlX Gw AtuT Neyh Ma Yg NamaX PnAz,,HeHeHeHe,,,:)

  3. letsgodigi Says:

    Saya Setuju . . . . .

  4. harashi hishai Says:

    good job!!!
    yaw,,, jd mslh g dpt terpecahkan nmengetahui ttg adanya global warming di tmp g tinggal it’z jakarta….
    thx yw…


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: